Bergulat dengan kain dan warna

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“KONVEKSI”


Abstrak
          Konveksi adalah salah satu bidang usaha yang bergulat dalam bidang jasa penyedia salah satu keperluan pokok kehiduapan  manusia yaitu : keperluan sandang, mengingat gaya berpenampilan manusia pada zaman sekaranug yang selalu mengikuti perkembangan zaman dengan 1001 macam penampilan dan gaya berpakaian membuat saya berpikir untuk menjadikan unit konveksi ini sebagai salahi satu dari bahan karya ilmiah saya, salah satu yang saya sukai dalam unit usaha ini adalah kepekaan sang owner dalam memahami keinginan sang konsumen dalam menentukan garis, pola, warna, dan juga bahan pada barang yang ingin diproduksi.

            Sebagai owner unit usaha konveksi, sang-Owner harus memberi rasa simpatif yangy sangat besar kepada konsumen karena hamper seluruh konsumen sangat merasa senang apabila apa yang diutarakannya untuk sebuah barang dapat diterima maupun dibenahi oleh sang-owner, menentukan warna dasar dan warna perpaduan mungkin memnag harus menjadi makanan sehari-hari bagi seluruh staff maupun owner di unit usaha konveksi tersebut, tapi pada dasarnya kepuasan para konsumen adalah tujuan utama  bagi civitas warga yang ada di unit usaha konveksi tersebut.
           
            Berangan-angan untuk dapat memiliki sebuah unit konveksi sendiri memang keinginan saya sejak kecil, tapi ada sebuah pertanyaan apakan saya bisa memilikinya dalam kurun umur yang masih bisa dikatan belia ini ?? hahahaa…, dengan tegar saya menjawab BISA 😄😄!!!, hanya orang-orang yang belum bisa merubah mindset mereka saja yang tidak bisa merubah sesuatu yang tidak bisa menjadi bisa, ingin tahu bagaimana saya menjalaninya ? simak karya ilmiah saya ini.   


ISI
            Saya mulai tertarik dalam bidang kewirausahaan pada saat tahun kedua saya dipondokkan disebuah pondok di daerah Magelang, karena kebetulan saya ditempatkan pada bagian koperasi, tapi bukan berarti saya menjadikan pondok saya sebagai lapangan pekerjaan saya 😆,; namun justru pondoklah yang membuka jiwa kewirausaan saya berkat7 saya diletakkan di bagian koperasi, dimulai saat saya menjalani studi tahun pertama di Universitas Amikom Yogyakarta, salah satu konveksi yang menjadi tanggung jawab saya sekarang adalah “OZZA KONVEKSI JOGJA” salah satu konveksi terbesar yang ada di daerah Yogyakarta bertempat di Jalan Depokan 2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, setelah sudah hampir 4 tahun saya bergabung dengan unit usaha konveksi ini saya mulai belajar memahami bagaiaman cara memilih kain, warna, benang yang baik, serta bagaimana cara jitu dalam memilih dan memanipulasi sebuah sablon agar tidak mudah rapuh dan bahkan tetap terjaga kulitasnya, bahkan saya diajari bagaimana cara memulai usaha dalam bidang unit usaha konveksi penyedia jasa sandang ini mulai dari paling bawah.

            Namun konveksi yang sedang saya rintis dalam benak dan fikiran saya adalah konveksi yang dimana pekerjaanya tidak terlalu berat untuk dilakukan se-orang diri (saya sendiri), yang tidak menggangu jambelajar dan juga jam kuliah saya, namun apakah ada pekerjaan yang seperti itu ? tentu pastinya ada (mindset), dengan beberapa cara yang saya pakai :
·        Membuat kontrak dengan rumah produksi lain
·       Memberikan kualitas sablon dan bordir yang baik
·       Memasarkan lewat internet

            Mungkin dengan cara memasarkan produk kita secara online dan juga menjalankan sistem pasar yang berbasis reseller [1] dapat menjawab pertanyaan saya, hal ini karena kuarnag lebih satu bulan yang lalu saya sudah menjalankannya, walau kadang ekspetasi tak sesuai dengan realita namun apapun hasilnya itulah usaha kita sendiri dengan ini teknik seperti ini saya pribadi mampu mengukur pola piker dan kemampuan saya sampai sejauh mana, yang sekiranya masih kurang harus ditingkatkan dan yang sudah bagus harus lebih ditingkatkan lagi.

REFERENSI
  1. Creative Economi Park [>>==KLIK DISINI==<<]
  2. Analisa Usaha Konveksi Pakaian [>>==KLIK DISINI==<<]
  3.  5 Tips memulai usaha konveksi [>>==KLIK DISINI==<<]
·        
·        





[1] reseller adalah perusahaan atau individu (merchant) yang membeli barang atau jasa dengan maksud menjualnya daripada mengkonsumsi atau menggunakan mereka. Hal ini biasanya dilakukan untuk keuntungan (tapi bisa dijual kembali pada kerugian).